Hukum Newton Dalam kehidupan sehari - hari


Assalamu'alaikum wr wb.

Anak-anak pernahkah kamu mendengar nama Newton? Pasti pernah dong, entah itu di buku pelajaran kamu atau pernah dibahas di kelas.

Newton atau yang terlahir dengan nama panjang Isaac Newton adalah seorang filsuf matematika dan fisika. Bapak Newton ini telah menemukan beberapa hukum mengenai gerak benda, yang dinamakan ‘hukum newton”.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang 3 hukum newton dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk, check this out!

Hukum Newton I

bunyi hukum newton I

Maksud dari Hukum Newton I ini berkaitan dengan sifat kelembaman benda. Hah? Maksudnya apaan tuh? Gini Anak-anak, sifat kelembaman benda atau yang biasa disebut inersia maksudnya adalah setiap benda akan cenderung mempertahankan kedudukannya. Jadi, kunci dari hukum newton I ini adalah setiap benda akan diam jika tidak diberikan gaya, dan setiap benda akan cenderung lurus beraturan jika diberikan gaya.

penerapan hukum newton I

Orang-orang terdorong ke depan ketika bus tiba-tiba berhenti (sumber: giphy.com)

 

Contohnya, pada saat kita sedang naik bus, tubuh kita ada pada posisi duduk nyaman. Namun, tiba-tiba karena ada kucing menyeberang sembarangan, supir bus langsung mengerem mendadak. Maka otomatis tubuh kita pada saat itu akan terdorong ke depan dan berusaha kembali ke posisi semula.


Pada contoh ini, tubuh kita mendapatkan gaya dari bus yang melaju. Tubuh kita ketika dalam posisi duduk nyaman di dalam bus berada pada bunyi “Setiap benda akan cenderung lurus beraturan jika diberikan gaya”. Nah ketika bus mengerem mendadak, tubuh kita berusaha kembali ke posisi semula berada pada bunyi “Setiap benda akan diam jika tidak diberikan gaya”.

 

Hukum Newton II

bunyi hukum newton II

Penerapan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari yang kedua berkaitan dengan benda dalam keadaan bergerak. Di mana massa benda dan gaya yang diberikan pada benda akan diperhitungkan.

penerapan hukum newton II

Truk dengan massa yang lebih besar akan semakin kecil percepatannya (sumber: giphy.com)

 

Contoh dari hukum newton II adalah misalnya kamu punya sebuah mobil mainan, lalu kamu menarik mobil mainanmu maka mobil tersebut akan mulai bergerak. Semakin kuat kamu menariknya, akan semakin cepat mobil itu bergerak. Hal ini sesuai dengan bunyi “Semakin besar gaya yang dikerahkan, maka semakin besar pula percepatannya”.

Lalu, coba deh di atas mobil mainan itu kamu kasih beban. Kamu taruh batu besar di atasnya. Kira-kira apa yang terjadi? Pasti lebih berat kan kamu nariknya? Nah, dari hal ini sesuai dengan bunyi “Semakin besar beban ditambahkan, maka semakin kecil percepatannya”.

 

Hukum Newton III

hukum newton III

Hukum newton III ini berkaitan dengan gaya aksi dan reaksi. Maksudnya adalah benda yang kita berikan gaya akan menimbulkan reaksi terhadap kita lho.

penerapan hukum newton III

Mendayung sendirian karena terjebak dalam kehidupan (sumber: giphy.com)

 

Contoh dari hukum ketiga newton ini adalah pada saat kamu mendayung perahu. Coba perhatikan deh. Sewaktu kamu menggerakkan dayung ke arah belakang, perahu yang kamu kendarai akan bergerak ke depan. Hal ini terjadi karena ada gaya aksi yang kita berikan melalui dayung (kita mendayung adalah gaya aksi), maka perahu tersebut akan bergerak ke depan (pergerakan perahu adalah gaya reaksi).


Nah. terimakasih anak-anak semoga bermanfaat :)

wassalamu'alaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

GELOMBANG BUNYI

LATIHAN SOAL IPA GELOMBANG

Cahaya, apa itu? ayo mengenal lebih dekat tentang cahaya.